Jumat, 26 Februari 2010

Pembuatan jaringan Peer to Peer

Pembuatan jaringan Peer to Peer :

Peer-to-Peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data, printer dan sumber daya lainnya secara bersama-sama. Dalam pembuatan jaringan peer-to-peer diperlukan minimal dua buah komputer yang saling terhubung dengan menggunakan LAN card/Ethernet card beserta kabel jaringan. Setelah itu dilakukan pengaturan IP di tiap-tiap komputer sehingga komputer tersebut punya masing-masing alamat yang nantinya berguna sebagai alamat tujuan pengiriman data dan sumberdaya lainnya.

Untuk menyeting jaringan peer to peer tersebut lakukan langkah-langkah berikut :



Pertama siapkan 2 buah komputer yg akan dihubungkan secara LAN atau peer to peer dengan menggunakan kabel cross,

Kemudian samakan kedua IP address dike-2 komputer tersebut misalnya computer pertama IPnya 206.198.0.1 dan computer kedua 206.198.0.2 pada IP configuration pada kedua computer tersebut, atau dengan cara mencari pada menu network dikedua komputer tersebut.

Setelah kedua computer itu dihubungkan dan disamakan IP adressnya, maka bisa kita chek dengan menggunakan command prompt pada salah satu komputer yg kita kehendaki, dan dengan menggunakan perintah ping IP address computer yg dipanggil contoh : ping 206.198.0.2, bila keluar data seperti refly form, serta data-data lainnya seperti minimum, maximum dll. maka kedua komputer tersebut sudah terhubung secara peer to peer.



Silahkan Mencoba ^_^..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar