Kamis, 11 Maret 2010

IMK (Interaksi Manusia Dengan Komputer) beserta sejarah singkat

IMK (Interaksi Manusia Dengan Komputer)

Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.

Pengertian Interaksi

= komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.

Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.

Definisi interaksi manusia dan komputer

= sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).

Prinsip kerja komputer = input - proses - output

Kepada komputer diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia.

Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.

Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer)

Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran.

Manusia jarang sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia baru menyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif, kurang menarik, kurang komunikatif.

Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer.

Model atau jenis interaksi, antara lain :

1. Command line interface (perintah baris tunggal)

contoh : unix, linux, dos

2. Menu (menu datar dan menu tarik)

contoh : hampir semua software menggunakan menu

3. Natural language (bahasa alami)

contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)

4. Question/answer and query dialogue

contoh : mysql, dbase interaktif, dll

5. Form-fills and spreadsheets

contoh : excel, lotus, dll

6. WIMP

- Windows Icon Menu Pointer

- Windows Icon Mouse Pulldown Menu

yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll



Sejarah singkat mengenai IMK


Sejarahnya IMK dimulai dari ide digital komputer yang muncul pada tahun 1700 dan 1800. Kemudian setelah itu teknologi yang tersedia berada pada tahun 1940 dan 1950. Setelah itu pada tahun 1960-, seseorang dengan nama J.R. Licklider membuat suatu dalil “manusia-simbiosis komputer” yang maksud dari dalil tersebut yaitu bahwa pasangan otak manusia dan mesin komputer yang akurat untuk revolusi penanganan informasi.

Sehingga setelah kejadian tersebut, dari tahun ke tahun makin banyak sekali penemuan-penemuan pada dunia komputer. Misalkan di tahun 1963-, seorang penemu yang bernama Ivan Sutherland menjalankan suatu operasi berulang dan pena sebagai alat masukkan. Selanjutnya adapun Douglas Engelbart yang menciptakan mouse yang bisa lebih mempermudah manusia berinterkasi dengan komputer. Juga Alan Kay yang mencipatakan dynabook yang sekarang disebut komputer mini atau laptop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar